Rabu, 11 Agustus 2010

ILmuwan Berhasil Ungkap Rahasia Tidur Nyenyak


Apakah anda termasuk orang yang mengalami gangguan sulit tidur atau yang biasa disebut dengan Imsonia. Kini anda tidak perlu cemas dengan gangguan tersebut, karena ilmuwan telah berhasil temukan rahasia tidur nyenyak lewat gelombang otak.

Seperti dikutip dari Daily Mail, ilmuwan menemukan adanya semburan gelombang otak jarak jauh yang mempengaruhi kualitas tidur. Gelombang ini memproduksi sebagian besar aliran listrik yang dikenal sebagai spindle.

Gelombang otak menjadi penanda bahwa pikiran sedang bekerja. Keadaan ini sama seperti saat kita mendengar raungan sirene, gemuruh lalu lintas, membanting pintu atau suara lain yang dapat mengganggu tidur.

“Kami ingin menyelidiki apakah otak dapat bekerja saat tidur teratur padahal beberapa orang dapat terlelap saat menghadapi kebisingan dan lainnya tidak,” kata Jeffrey Ellenbogen, dari Harvard Medical School, Amerika Serikat.

Aktivitas spindle yang hanya muncul saat tidur dihasilkan oleh bagian otak yang disebut thalamus.

Jauh di dalam otak, suara akan ditransmisikan ke area lain pada otak untuk menerima dan bereaksi atas kondisi ini. semakin banyak spindles maka merupakan tanda bahwa thalamus bekerja sangat keras untuk memblokir suara. Ini berarti bahwa kita dapat tidur lebih nyenyak.

Dengan kata lain, otak akan bekerja aktif bahkan saat kita tidur. Semakin aktif thalamus bekerja maka akan semakin lelap tidur kita.

“Selama tidur, saraf kita akan sibuk dengan proses yang sangat rumit. Otak akan mempekerjakan spindles untuk meproteksi kita dari bunyi bising yang tercipta di lingkungan sekitar,” kata Ellenbogen, ahli pengobatan tidur.

Di sisi lain, masih belum jelas mengapa jumlah spindle masing-masing orang berbeda. Namun, studi ini dapat menjadi bahan yang sangat efektif untuk menciptakan pil tidur.
Sehingga orang yang menderita gangguan imsomnia dapat tertolong dan dapat menikmati tidurnya dengan nyenyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar