Minggu, 01 Agustus 2010

Fakta-fakta Tersembunyi Tentang Microsoft


Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan raksasa yang bernama Microsoft. Microsoft masih menjadi raja dalam bisnis komputer. Ada beberapa fakta yang mungkin belum Anda tahu termasuk rata-rata pendapatan pegawai yang mencapai Rp 964 juta.

Kata Microsoft dicetuskan oleh Bill Gates pada 1975 sebagai singkatan dari ‘microcomputer’ dan ‘software’. Tidak hanya itu, logo Microsoft telah berganti beberapa kali di mana kata ‘o’ menunjukkan layanan burger yang ditawarkan kantin perusahaan Microsoft.

Musisi di balik suara awal Windows 95 adalah Brian Eno. Eno pernah bekerja sama dengan David Bowie dan U2. Ia mengaku kepada San Francisco Chronicle bahwa membuat musik pendek bagi Microsoft terasa begitu lucu dan menyenangkan. “Ini seperti membuat perhiasan kecil,” kata Eno.

Mirip dengan Google, Microsoft juga menawarkan makanan secara gratis kepada para pegawai. Dua minuman paling favorit adalah susu dan OJ. Microsoft memiliki 35 kantin yang menawarkan makanan untuk 37 ribu pekerja setiap hari. Pizza menjadi makanan kesukaan mereka.

‘Softie’ merupakan panggilan bagi para pekerja Microsoft. Hebatnya, rata-rata pendapatan para pegawai adalah US$106 ribu (Rp 964 juta). Microsoft memiliki total pekerja 88.180 di seluruh dunia di mana 50 ribu di antaranya berada di Amerika Serikat. Pekerja pria sebanyak 76% dibandingkan perempuan.

Semua perusahaan memiliki kebiasaan tersendiri, begitu pula dengan Microsoft. Microsoft merayakan ulang tahun mereka dengan cokelat M&Ms. Sebelum mencapai kejayaannya, Microsoft harus mengalami kejatuhan saham sebanyak 9 kali.

Raksasa industri komputer ini merupakan perusahaan kolektor benda seni terbesar dengan mengumpulkan 5 ribu hiasan kontemporer di antaranya lukisan, patung, foto, keramik dan kerajinan multimedia. Microsoft mengumpulkan benda seni dari seniman lokal hingga nama besar seperti Cindy Sherman, Chuck Close dan Takashi Murakami.

Saat Anda ingin bekerja di Microsoft, jangan bayangkan pertanyaan wawancara standar seperti ‘Bagaimana Anda menggambarkan diri Anda dalam kurun waktu 5 tahun ke depan?” Microsoft seringkali bertanya hal unik seperti meminta Anda memberikan “desain alat produksi kopi yang digunakan untuk astronom” ataupun menyelesaikan puzzle.

Microsoft memiliki lebih dari 10 ribu paten dan menjadi peringkat pertama sebagai pemilik paten terbanyak di AS. Penemuan mereka terkadang bukan hal yang ‘menakjubkan’ melainkan hal sederhana seperti teknologi bagi permainan Xbox 360 yang memungkinkan seseorang menonton video game ataupun paten Microsoft Surface yang menghubungkan obyek nyata dengan data dan gambar.

Microsoft juga memberikan bonus bagi para pegawainya yang menyumbangkan paten. Selain bonus sebesar AU$1500 (Rp 11,9 juta), mereka juga akan mendapat plakat kayu yang berisikan nama, jabatan dan tanggal peresmian paten tersebut.

Ternyata ada banyak hal yang mungkin belum kita ketahui dari perusahaan yang sudah sangat sering kita gunakan produknya ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar