Minggu, 01 Agustus 2010

Harimau Sabertooth, Karnivora Terkuat Yang Pernah Hidup


Tahukah anda bahwa harimau purba yang memiliki gigi taring yang sangat panjang yang biasa di sebut dengan nama harimau sabertooth, yang pernah hidup sekitar 10.000 tahun yang lalu, memiliki otot yang sangat kuat untuk menjatuhkan mangsa mereka dibandingkan keluarga kucing ini.

Sekarang, Kucing besar itu punah saat menjelajahi Amerika Utara dan Selatan untuk memburu mamalia besar seperti banteng, unta, mastodon dan mammoth. Namun ada petunjuk dari tulang dan gigi, meski mereka tetap bergantung pada otot serta taring untuk menangkap dan membunuh mangsanya.

Menurut Penulis Julie Meachen-Samuels dari National Evolusi Sintesis Centre di Amerika Serikat, ukuran dan bentuk gigi taring sabertooth juga membuat mereka lebih rentan terhadap fraktur dari kucing hidup saat ini,

"Kucing yang hidup saat ini memiliki gigi taring yang bulat penampang, sehingga mereka dapat menahan serbuan di semua arah. Jika mangsa sedang berjuang tidak peduli arah mana akan ditarik dengan gigi mereka tidak mungkin beristirahat," katanya dalam temuan yang dipublikasikan secara online edisi Juni, seperti yang dikutip dari PLoS ONE, Minggu (4/7).

Banyak ilmuwan menyimpulkan bahwa kucing sabertooth membunuh mangsa berbeda dari kucing lain karena gigi mereka kurus dari sisi ke sisi.

Meskipun sudah punah namun nama sabertooth tetap dikenal sebagai harimau purba yang sangat menakutkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar