Senin, 16 Agustus 2010

Jubah Tak Terlihat Berbahan Dari Sutra Sudah Di Temukan

Bagi anda penggemar film Harry potter pasti tahu jika disalah satu sekuel film tersebut pernah dimunculkan sebuah jubah yang bisa membuat orang yang memakainya tidak terlihat. Jubah ini mungkin akan menjadi kenyataan di mana ilmuwan Tuft dan Boston University menciptakan “jubah tak terlihat” dari sutra

Jubah 1 cm persegi ini dibuat dari materi unik yang saat ini hanya bekerja pada gelombang terahertz (T-Rays). Namun ilmuwan berharap dalam waktu dekat dapat membuat pada gelombang lebih kecil dan spektrum cahaya.

Ilmuwan Boston menciptakan metamateri ini dengan “menyetensil” 10 ribu resonator emas menjadi 1 cm persegi sutra. “Kemudian ditembakkan gelombang terahertz menembusnya. Para peneliti mendeteksi resonansi. Mengambil langkah lebih lanjut, tim ini menanamkan sutra itu otot dan menemukan resonansi saat memandikan otot itu dengan gelombang T,” tulis Popular Science.

Ilmuwan akan menggunakan metamateri ini untuk kepentingan medis meskipun mereka tahu bisa menggunakannya untuk kepentingan pertahanan. Ecouterre menjelaskan sutra ini dapat diterima tubuh manusia daripada implan lain.

”Sutra merupakan bio-kompatibel yang mudah diterima tubuh manusia daripada implan lain.” Sutra emas juga lebih fleksibel dari metamateri lain, menurut Popular Science.

Fiorenzo Omenetto, salah satu peneliti pengembang metamateri ini merilisnya pada Advanced Material yang menggambarkan riset timnya dan memprediksi penggunaan metamateri ini.

Omenetto yakin bahwa menggunakan metameteri ini seperti “sensor glukosa” yang dapat ditanam dalam tubuh penderita diabetes.”Seiring perubahan tingkat glukosa dalam tubuh akan merubah sutra itu. Seiring perubahan sutra itu makan akan tersalin pada sutra itu. Perubahan ini kemudian diteruskan ke ponsel orang tersebut tak perlu lagi ada tusukan jarum. Jadi dengan adanya penemuan ini maka akan banyak manfaat yang akan diperoleh, baik dalam bidang medis maupun bidang-bidang yang lainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar