Senin, 26 Juli 2010

Rahasia Sukses Orang Jepang



Nama Jepang pasti sudah sangat familira dengan telinga kita. Negeri Bunga Sakura atau Negeri Matahari terbit ini telah sukses menjadi salah satu bangsa dan negara termaju di dunia. Siapa pula yang gak kenal merek - merek Honda, Suzuki, Yamaha, Kawasaki, Sharp, Aquos, Akira dan masih banyak lagi yang lahir dari negeri para samurai itu?

Pertanyaannya kemudian adalah Mengapa Jepang bisa demikian sukses dan mencengangkan dunia dengan teknologi, inovasi, dan penemuan - penemuannya? Apa rahasia dibalik segala kesuksesan itu? Apakah kita bisa melakukan hal yang sama seperti Jepang?

Jepang secara geografis adalah negara yang sangat minim sumber daya alam. Namun hal ini tidak menyurutkan mental dan tekad bangsa tersebut untuk maju dan bersaing dengan negara lain di dunia. Bahkan hal ini semakin memotivasi Jepang untuk membuktikan bahwa negaranya layak dan pantas jadi pemenang dan unggul.

Kharakteristik bangsa Jepang yang utama yang juga menjadi pelajaran bagi bangsa - bangsa di dunia adalah sikap dan mentalitas pekerja keras. Bagi mereka hidup adalah bekerja. Tiada hari tanpa belajar dan bekerja. Orang - orang Jepang sangat disiplin dan menaruh penghargaan yang sangat tinggi terhadap waktu. Orang Jepang sudah biasa bekerja 14 - 18 jam sehari, 94 - 126 jam seminggu. Bagi mereka tiada waktu selain bekerja dan belajar.

Banyak hal dan kebiasaan positif yang bisa kita pelajari dan teladani dari negeri matahari terbit ini. Beberapa diantaranya:

1. Orang Jepang itu Book - minded

Bukan pemandangan aneh jika kita melihat disepanjang jalan dan sudut kota di Jepang setiap orang sibuk dan asyik tenggelam dengan bacaannya. Hal ini sangat kontras dengan Indonesia. Orang Indonesia lebih senang menghabiskan waktunya untuk bersantai, bermain, bersenda gurau, dan bersenang-senang ketimbang membaca atau melakukan kegiatan - kegiatan positif lainnya.

2. Orang Jepang sangat suka belajar hal - hal baru

Mereka sangat haus akan hal - hal baru yang baru tapi bermanfaat. Tak heran bila banyak kreasi dan inovasi lahir dari negara jepang tersebut. Robot yang bisa membantu pekerjaan rumah tangga. Kacamata yang bisa melacak benda yang hilang. Kereta listrik kecepatan super cepat. Alat penggaruk yang bisa mengetahui letak rasa gatal hingga LCD HDTV semisal Aquos. Ini hanyalah segelintir dari daftar panjang inovasi yang lahir dari negeri asal ikebana dan origami tersebut.

3. Prinsip Hidup itu Bernama Kaizen dan Hansei

Salah satu rahasia sukses terbesar bangsa Jepang selain yang telah disebutkan diatas adalah Kaizen dan Hansei. Apa itu Kaizen dan Hansei? Kaizen adalah "Ongoing and Continous Improvement. Penyempurnaan tiada henti." sedangkan Hansei adalah Never Ending Correction alias Perbaikan Tiada Henti. Mereka tidak pernah berhenti belajar dan bekerja serta berupaya meningkatkan kualitas hidup mereka sedikit demi sedikit setiap hari.

Kedua kunci yang disebutkan terakhir merupakan filosofi hidup bangsa Jepang yang telah mengakar dan mendarahdaging. Inilah juga yang menjadi sokoguru bangkitnya perekonomian bangsa Jepang. Tak heran bila kemudian Jepang tampil menjadi negara maju bahkan termaju di dunia mengalahkan gurunya Jerman. Dan kini Jepang merupakan salah satu kekuatan ekonomi dunia yang sangat dikagumi.

Jika saja orang Indonesia mau meniru etos kerja orang Jepang yang luar biasa ini, mungkin negara kita juga akan semaju negeri Sakura tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar