Jumat, 30 Juli 2010

Payung Pantai Tidak Efektif Tangkal Radiasi Ultraviolet Matahari


Apakah anda termasuk orang gemar berlibur ke pantai? jika iya, mungkin ada baiknya anda membaca artikel ini terlebih dahulu. Berlindung di bawah payung pantai agar terhindar dari sengatan matahari, ternyata tidak cukup efektif. Hasil penelitian menunjukkan, meskipun berlindung di bawah payung, radiasi ultraviolet masih bisa menembus kulit hingga 34 persen.

Sinar ultraviolet atau UV yang dipancarkan matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan sel DNA. Hal ini bisa memicu kanker kulit, seperti melanoma. Menurut peneliti, payung dapat menyerap sebagian besar sinar matahari yang turun, namun radiasi masih bisa lewat dari samping.

Penelitian ini dilakukan dengan memposisikan sensor sinar ultraviolet di bagian bawah kanvas payung berwarna biru dan putih. Radiusnya yaitu 31.5 inci atau sekitar 80 sentimeter dan tingginya 4,9 kaki atau sekitar 1,5 meter.

"Payung memang memotong langsung radiasi matahari, tetapi bagian dari radiasi tersebar, yang membuat sampai sekitar 60 persenya menyentuh sensor," kata José Antonio Martínez-Lozano, dari University of Valencia di Spanyol, seperti dikutip dari Live Science. Jadi sebaiknya kita pakai juga lotion anti UV meskipun kita sudah berlindung di bawah payung pantai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar