Kamis, 29 Juli 2010

Hubungan Seks Ternyata Juga Terjadi Pada Tanaman

tanaman berhubungan seks
Ternyata buakn hanya manusia atau hewan saja yang melakukan hubungan seks, tapi tumbuhan ternyata juga melakukan hal tersebut.
Ketika orang memetik bunga, mereka benar-benar telah mengacaukan organ reproduksi tanaman! Porsi "laki-laki" dari bunga itu adalah benang sari yang berisi serbuk sari, sedangkan putik yang berisi telur adalah bagian "wanita"nya.

Kebanyakan tanaman menumbuhkan bunga biseksual (baik bagian laki-laki dan perempuan), tapi tanaman seperti squash yang suka tumbuh memisah bunga laki-laki dan perempuannya.

Dan, ahli biologi evolusi baru-baru ini menemukan, tanaman dengan bunga jantan dan biseksual menghasilkan biji lebih. Mengapa hal ini terjadi adalah sebuah misteri ilmiah baru, tapi mungkin ada hubungannya dengan kurangnya penimbunan bunga jantan.

Jadi, bagaimana tanaman melakukan seks? Mereka menggunakan alam sebagai mak comblang. Angin, binatang atau air yang membawa serbuk sari ke stigma lengket perempuan. Butiran itu kemudian berkecambah dan tumbuh ke bawah, merayap perlahan ke arah ovarium. Akhirnya, butir tepung sari bertabrakan dengan beberapa telur, tanda bibit telah lahir.

Tapi bunga bukanlah satu-satunya cara bagi tanaman. Pohon Ginkgo memiliki tanaman jantan dan betina yang terpisah. Pohon pria menghasilkan spora yang menetas menjadi sperma, dan berenang ke telur wanita di dalam bakal biji. Ada yang lain lagi seperti tanaman duckweed yang menjauhkan diri dari seks. Tanaman ini menghasilkan seperti klon daun yang patah dan tumbuh menjadi tanaman dewasa. jadi jangan pernah berfikir bahwa seks hanya untuk manusia dan hewan karena beberapa tumbuhan juga melakukan hal sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar