Sabtu, 31 Juli 2010

Mungkin Pernah Ada Kehidupan Yang Terkubur Di Planet Mars


Anda pasti tahu dengan planet yang terdekat dengan bumi, dialah planet Mars. Para peneliti telah mengidentifikasi batuan yang mereka sebut mungkin mengandung fosil kehidupan di awal Mars. Tim mendapat penemuan itu di batuan kuno Nili Fosa.

Mereka menemukan parit di sisi gelap Mars seperti daerah di Australia, di mana beberapa bukti awal kehidupan di bumi telah terkubur dan diawetkan dalam bentuk mineral.

Mereka melaporkan temuan itu di jurnal Earth Planetary Science Letters.

Tim dipimpin oleh seorang ilmuwan dari Search for Extraterrestrial Intelligence Institute (Seti) di California di mana mereka yakin proses hidrotermal yang mengawetkan penanda kehidupan di bumi bisa saja terjadi di Nili fosa Mars.

Batuan itu sudah ada empat miliar tahun dan berarti telah ada sekitar tigaperempat sejarah Mars.

Ketika ilmuwan pertama kali menemukan karbonat di batu-batu itu pada 2008 komunitas sains Mars bereaksi dengan kegembiraan besar. Karbonat sudah lama dicari sebagai bukti definitif bahwa planet Merah itu didiami dan kehidupan bisa ada di sana.

Karbonat dalam banyak kasus adalah yang membentuk kehidupan, jika tidak berbelok menjadi minyak. Tebing putih Dover misalnya, berwarna putih karena mereka mengandung kapur atau kalsium karbonat.

Mineral yang berasal dari fosil kerang dan tulang memberikan cara untuk menyelidiki kehidupan kuno yang ada di bumi awal.

Dalam penelitian baru, ilmuwan telah mengambil identifikasi karbonat di Mars selangkah lebih maju.

Adrian Brown dari Institut Seti, yang memimpin penelitian itu menggunakan instrumen pesawat NASA Mars Reconnaissance Orbiter disebut Crism untuk mempelajari batuan Nilae fosa dengan cahaya inframerah.

Lalu ia dan timnya menggunakan teknik yang sama persis untuk mempelajari batuan di daerah barat laut Australia disebut Pilbara.

"Pilbara sangat dingin," kata Dr Brown pada BBC News.

"Itu bagian dari bumi yang telah berhasil tersimpan di permukaan sekitar 3,5 miliar tahun, sekitar tigaperempat dari sejarah bumi."

"Hal ini memungkinkan kita membuka sebuah jendela kecil ke dalam apa yang terjadi di bumi pada tahap yang sangat awal."

Benar atau tidak bahwa planet Mars pernah menyimpan kehidupan sampai saat ini terus menjadi sebuah misteri yang akan menjadi tantangan para ahli untuk dipecahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar