Jumat, 06 Juli 2012

Youtube, Situs Video Sharing Terbesar Di Dunia

bintangkarang.blogspot.com
Kata youtube bukan lagi kata yang asing bagi kita yang sudah sering berkutat dalam dunia maya. Youtube merupakan salah satu situs terkenal yang sudah sering dikunjungi oleh jutaan orang dari berbagai dunia. Kita bisa menemukan berbagai video yang ada disitus  yang bernama youtube ini. mulai dari video music, olahraga, dan berbagai macam jenis lainya.

Selain bisa mengunduh video dari situs tersebut kita juga bisa mengunggah video yang kita miliki ke dalam youtube tersebut. Youtube pertama kali didirikan pada bulan Februari tahun 2005 oleh tiga orang yang sebelumnya merupakan karyawan yang bekerja pada Paypal. Ketiga orang tersebut adalah Steve Chen , Chad Hurley, dan Jawed karim. Dimasa lalu Hurley pernah belajar mengenai reka bentuk di Universitas Indiana Pensylvania, sedangkan Karim dan Chen keduanya pernah sama-sama belajar tentang komputer sains pada Universitas Illinois.

Situs youtube merupakan situs web yang memberikan fasilitas video sharing. Format yang paling umum ada di youtube adalah flv. Pada tahun 2006 pangsa pasar yang dimiliki oleh youtube adalah sekitar 43 persen. Tepat pada tanggal 9 Oktober tahun 2006 youtube dibeli oleh perusahaan raksasa Google senilai US$ 1,65 miliar. Pada kisaran bulan april tahun 2008, beberapa ISP Indonesia menutup akses kebeberapa situs termasuk kepada youtube karena beredarnya film Fitna yang di anggap melecehkan umat Islam. Pada mulanya pemblokiran yang dilakukan menutup semua akses terhadap keseluruhan situs web, namun kemudian dirubah hanya kepada URL yang dianggap memuat video yang kontroversi tersebut.

Bukan Cuma Indonesia sja yang pernah melakukan pemblokiran terhadap situs youtube ini namun ada juga beberapa Negara lain yang juga melakukan pemblokiran terhadap situs ini semisal Negara Arab Saudi, Armenia dan Brasil serta beberapa Negara yang lain. Pemblokiran yang dilakukan oleh tiap Negara tersebut disebabkan adanya kebijakan yang dibuat oleh Negara tersebut, dan setiap Negara memiliki alasan yang berbeda dlam melakukan pemblokiran terhadap sebaigian isi dari situs youtube tersebut.

Sampai saat ini youtube masih terus tumbuh dan berkembang, dengan semakin banyaknya orang yang menjadi anggota dan mengunggah video kedalam situs ini. keberadaan youtube juga sangat berguna terhadap penyebaran informasi dari berbagai belahan dunia, karena dengan adanya youtube kita bisa melihat berbagai video tentang bermacam informasi dalam hitungan menit.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar