Senin, 30 Juli 2012

Sejarah Singkat Lahirnya Bahasa Pemrograman Java

bintangkarang.blogspot.com
Di era yang serba digital ini siapa yang tidak kenal dengan istilah Java. Java merupakan sebuah istilah yang digunakan dalam bahasa pemrograman yang pada umumnya dipakai pada komputer maupun telepon genggam. Java diciptakan oleh James Gosling yang berada dibawah naungan Sun Microsystem yang merupakan bagian dari Oracle. Java mulai dikembangkan pada sekitar tahun 1995.

Java banyak mengadopsi sintaksis dari bahasa pemrograman yang ada pada C maupun C++ namun dengan sintaksis yang lebih sederhana. Setiap aplikasi dari Java pada umumnya dijalankan dengan menggunakan Mesin Virtual Java (JVM). Pada saat sekarang ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan pada berbagai aplikasi yang ada pada perangkat lunaka maupun yang ada pada berbagai aplikasi yang berbasis web.

Bahasa pemrograman Java sebenarnya lahir dari sebuah proyek yang bernama The Green Project yang dilakukan selama 18 bulan yang dimulai pada awal tahun 1991. Inilah standar awal yang dimiliki oleh program java yang terus dikembangkan pada tahap-tahap selanjutnya :

  • java.lang: Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
  • java.io: Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.
  • java.util: Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan.
  • java.net: Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
  • java.awt: Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
  • java.applet: Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web.
Seiring dengan perkembangan hingga akhirnya munculah program java seperti sekarang ini. Adapun platform yang bisa mendukung Java sampai sat ini adalah Linux, Microsoft Windows, Sun Solaris dan Mac OS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar