Kamis, 26 Juli 2012

Bulan Ramadhan, Bulan Suci Umat Islam Yang Penuh Berkah

bintangkarang.blogspot.com
Bulan Ramadhan merupakan sebuah bulan suci yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat islam. Bulan Ramadhan tersebut merupakan sebuah bulan yang sangat istimewa. Pada bulan ramadhan inilah umat islam diwajibkan unuk melakukan puasa selama satu bulan penuh. Selain berpusa selama satu bulan pada bulan ramadhan ini juga diadakan shalat tarawih pada malam harinya.

Begitu istimewanya bulan ramadhan atau bulan puasa ini, sehingga Al-Qur’an pun juga diturunkan pertama kali pada bulan ramadhan tersebut. Selain itu pada bulan ramadhan atau bulan puasa ini juga ada satu malam yang begitu istimewa sehingga nilainya sama dengan 1000 bulan yaitu malam Laylatul Qadar. Sepuluh hari pertama dibulan ramadhan atau puasa merupakan hari yang penuh berkah, sepuluh hari yang berikutnya merupakan hari yang penuh ampunan dan sepuluh hari yang terakhir pada bulan ramadhan ini adalah hari pembebasan dari api neraka.

Pada bulan ramadhan ini umat islam selain berpuasa dari makan dan minum mereka juga harus bisa menahan segala godaan dan hawa nafsu. Bulan ramadhan ini hanya turun dalam kurun waktu 1 tahun sekali, yaitu sebelum bulan Syawal. Karena itu banyak umat islam yang memanfaatkan moment bulan ramadhan atau bulan puasa tersebut untuk semakin mendekatkan diri pada Allah.

Selain memiliki makna yang dalam secara ritual, ramadhan atau puasa juga memiliki hikmah terhadap kesehatan manusia jika dikaji secara ilmiah. Karena itu tidak alasan bagi umat islam yang tidak berhalangan untuk membatalkan puasanya.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1433 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar