Kamis, 26 Juli 2012

Uji Kompetensi Guru (UKG) Siap Di Gelar Pada Juli 2012

bintangkarang.blogspot.com
Uji Kompetensi Guru atau UKG, merupakan salah satu dari usaha yang dilakukan oleh pemerintah untuk melakukan sebuah pemetaan kompetensi dan kemampuan yang dimiliki oleh seorang guru. Karena guru merupakan sebuah profesi yang sangat mulia dan memiliki peranan yang begitu penting dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa yang nantinya akan menjadi penerus dimasa depan. Oleh sebab itulah maka Uji Kompetensi Guru atau UKG perlu dilakukan kepada semua guru-guru yang ada diseluruh wilayah Indonesia baik yang sudah bersertifikat maupun yang belum.

Dengan adanya Uji Kompetensi Guru atau UKG ini diharapkan selain bisa mengetahui sejauh mana kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru dalam menjalankan profesinya juga akan bisa dipantau mengenai Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau PKB dan merupakan ajang Penilaian Kinerja Guru atau PKG. Uji Kompetensi Guru atau UKG bukanlah resertifikasi ulang dari sertifikasi guru yang sebeumnya telah dilakukan, sehingga tidak akan berpengaruh pada pemutusan tunjangan profesi yang telah diterima oleh para guru yang telah tersertifikasi.

Karena guru merupakan seorang pelaksana dari pendidikan, maka peranan guru amatlah penting. Bahkan pada tahun 2005 telah diterbitkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang guru dan Dosen. Karena itu pemerintah terus berupaya meningkatkan mutu dari guru sebagai seorang pengajar sehingga perlunya dilakukan Uji Kompetensi Guru atau UKG.

Uji Kompetensi Guru atau UKG rencananya akan dilakukan pada 30 Juli 2012, hal tersebut menurut pengumuman dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Uji Kompetensi Guru atau UKG tersebut akan digelar pada sekitar 3.174 titik lokasi, dimana sebagian besar yang menjadi lokasi pelaksanaanya adalah sekolah-sekolah.

Untuk info lebih lanjut mengenai Uji Kompetensi Guru atau UKG anda bisa masuk ke halaman situs dari kemendikbud dengan alamat : ukg.kemdikbud.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar