Senin, 02 Juli 2012

Facebook Atau Fb Situs Jejaring Sosial Yang Booming Pada Masa Sekarang

bintangkarang.blogspot.com
Siapa yang tidak kenal dengan jejaring sosial yang bernama facebook ini, atau kadang juga disingkat dengan nama fb. Banyak orang yang belakangan ini berbondong-bondong untuk mendaftar pada situs jejaring sosial ini. Facebook atau fb ini merupakan sebuah situs yang mulai diluncurkan pada bulan Februari tahun 2004 yang dijalankan oleh Facebook. Inc. Pada sekitar bulan Mei tahun 2012 anggota yang dimiliki oleh situs jejaring ini diperkirakan telah mencapai sekitar 900 juta pengguna yang aktif.

 Untuk dapat menggunakan layanan yang disediakan oleh situs jejaring sosial yang bernama singkat fb ini kita diharuskan mendaftarkan diri terlebih dahulu. Facebook ini memberikan layanan berupa penyediaan informasi profil dari penggunanya. Selain itu penambahan teman antar anggota juga tersedia disini. Kita juga dapat saling bertukar pesan lewat facebook serta adanya pemberitahuan jika ada pembaharuan profil sehingga teman-teman kita yang ada dalam jejaring ini saling mengetahui.

Teman-teman yang ada dalam situs facebook atau fb ini dapat kita kelompok-kelompokan semisal pada “teman dekat” atau “saudara”. Nama facebook pada mulanya berawal dari sebuah nama buku yang diberikan kepoada setiap mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh pihak kampus yang ada di Amerika Serikat dengan tujuan untuk membantu mahasiswa tersebut agar dapat lebih mudah mengenal antara yang satu dengan yang lain.

Facebook atau fb ini membatasi usia penggunanya, hanya orang yang telah memiliki usia 13 tahun keatas saja yang boleh dan diterima menjadi anggota terdaftar dalam situs jejaring sosial ini. Situs jejaring sosial ini  didirikan oleh Mark Zuckerberg dibantu oleh teman sekamarnya yang bernama Eduardo Saverin, Chris Hughes dan Dustin Moskovitz yang merupakan sesama mahasiswa dalam bidang ilmu computer.

Keanggotaan dari facebook pada awalnya hanya terbatas untuk kalangan mahasiswa yang ada universitas Harvard saja. Namun secara perlahan keanggotaanya mulai meluas pada perguruan tinggi yang lain di Boston, Ivy League dan Universitas Stanford, hingga sampai sekarang terbuka untuk umum dengann usia minimal 13 tahun. Meskipun penggunanya dibatasi pada usia minimal 13 tahun namun pada kenyataanya ada banyak pengguna facebook atau fb ini yang sebenarnya asih berusia di bawah standar yang ditentukan.

Pendapatan terbesar yang diperoleh dari situs jejaring sosial yang bernama facebook atau fb ini terutama dari periklanan. Perusahaan besar seperti Microsoft merupakan rekan kerja ekslusif dari Facebook untuk melayani iklan spanduk. Facebook sendiri hanya mau melayani iklan yang masuk lam inventaris iklan Microsoft.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar