Kamis, 19 Juli 2012

Solar Impulse, Pesawat Tenaga Surya Terbesar Buatan Swiss

bintangkarang.blogspot.com
Kita mungkin sudah sering melihat yang namanya pesawat terbang, atau bahkan mungkin sudah sangat sering bepergian dengan menggunakan alat transportasi udara yang satu ini. Selama ini kita mungkin hanya mengenal bahwa sebuah pesawat terbang menggunakan bahan bakar berupa avtur sebagai tenaga penggeraknya. Namun tahukah anda jika tidak semua pesawat menggunakan avtur sebagai bahan bakarnya.

Salah satunya adalah “Solar Impulse” yang merupakan sebuah pesawat terbesar dengan menggunakan tenaga surya sebagai bahan bakarnya. Pesawat ini merupakan pesawat buatan Swiss. Pesawat ini akan melakukan terbang perdananya melintasi benua pada sekitar bulan Mei atau bulan Juni.

Pesawat tersebut rencananya akan menempuh jarak kurang lebih sejauh 2.500 kilometer dimulai dari Payerne, Swiss barat dengan pendaratan di Maroko, Afrika.  Andre Borschberg dan Bertrand Piccard akan secara bergiliran untuk menerbangkan pesawat dengan tenaga surya tersebut dalam perjalan yang kurang lebih akan memakan waktu sekitar 48 jam, dengan perhentian transit di Madrid, Spanyol.

Pesawat solar impulse tersebut memiliki sebanyak 12 ribu sel surya yang terpasang pada kedua belah sayapnya sehingga mampu menggerakan ke-empat mesin listrik yang ada pada pesawat tersebut. Penerbangan tersebut rencananya merupakan sebuah gladi bersih sebelum penerbangannya untuk mengelilingi dunia pada tahun 2014.

1 komentar:

  1. Terima kasih artikel dan informasi tentang Pesawat Terbang Solar Impulse sangat membantu sekali. Kunjungin balik ya http://www.widtama.com/teknologi.html

    BalasHapus