Jumat, 20 Juli 2012

Lebah, Hewan Yang Unik Dan Bermanfaat

bintangkarang.blogspot.com
Lebah merupakan sebuah hewan kecil yang sudah sering kita jumpai. Hewan kecil yang satu ini sering kita temukan pada kebun atau tempat-tempat tumbuhnya bunga yang sedang bermekaran atau pada pohon-pohon yang juga sedang berbunga. Lebah merupakan sebuah hewan yang kita ketahui dapat menghasilkan madu yang banyak memiliki kegunaan bagi manusia. Mulai untuk dikonsumsi sampai bahan obat-obatan serta sebagai bahan kosmotik dan kecantikan.

Lebah pada mulanya hidup dan membuat sarangnya secara liar pada pohon atau pada rumah tempat bermukim manusia. Namun pada masa sekarang lebah sudah banyak dipelihara dan diternakan oleh manusia untuk diambil madunya. Mungkin diantara kita hanya mengenal sebagai pengahasil madu dan dapat membangun sarang yang unik.

Tapi sebenarnya lebah memiliki beberapa keunikan yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang pada umumnya. Berikut adalah beberapa keunikan dari hewan yang bernama lebah:
  1. Se-ekor Lebah Ratu dapat menyimpan sperma dari se-ekor lebah pejantan dalam spermathecanya, sehingga ratu lebah tersebut tidak perlu lagi melakukan perkawinan seumur hidupnya.
  2. Ratu lebah memiliki sistem khusus dalam melakukan pembuahan, sehingga aliran sperma dapat diatur pada saat meletakan telur-telurnya.
  3. Telur lebah yang dibuahi akan menjadi se-ekor lebah betina, sedangkan telur lebah yang tidak dibuahi akan tumbuh menjadi se-ekor lebah jantan.
  4. Masa hidup dari ratu lebah bias mencapai umur 2 sampai 3 tahun dan dapat mengeluarkan telur sebanyak 2500 telur lebah dalam sehari.
  5. Ratu lebah merupakan satu-satunya lebah betina yang berkembang biak dalam satu koloni lebah.
Itulah beberapa keunikan dari lebah. Meskipun hewan ini mungkin sering kita hindari karena sengatnya yang bisa membuat kulit kita bengkak dan melepuh, namun hewan yang bernama lebah ini sebenarnya sangat unik dan bermanfaat bagi manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar