Selasa, 17 Juli 2012

Tokek Daun Setan, Tokek Unik Yang Terancam Punah Dari Madagaskar

bintangkarang.blogspot.com
Tokek merupakan hewan yang beberapa waktu lalu sempat diburu keberadaannya karena khasiatnya yang dianggap mampu mengobati penyakit AIDS. Namun tahukah anda anda jika sebenarnya di dunia ini tokek memiliki banyak jenis. Salah satunya adalah tokek yang biasa disebut dengan nama Tokek Daun Setan. Tokek ini mendapatkan nama tersebut bukan hanya asal-asalan, namun karena keunikan yang dia miliki.

Tokek Daun Setan Ini merupakan tokek yang biasanya tinggal di pepohonan dan memiliki warna tubuh yang gelap dengan mata yang besar. Spesies tokek unik ini merupakan tokek yang langka dan pernah ditemukan pada tahun 1888 dan dianggap punah namun kemudian di ketemukan lagi di Madagaskar pada tahun 1998.

Tokek dengan ekor yang hampir menyerupai sebuah daun ini, merupakan spesies paling kecil dari 12 spesies hewan yang pandai dalam berkamuflase dan bertampang aneh. Tokek Daun Setan ini memiliki gigi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis tokek yang lain. Tokek ini juga sangat sulit untuk ditemukan karena populasinya yang sangat sedikit serta sensitif terhadap gangguan yang terjadi pada lingkungan.

Karena begitu langkanya, Tokek Daun Setan ini pernah tergolong dalam daftar “Top 10 Spesies Paling Dicari”. Karena itu tidak heran jika harga dari tokek jenis ini begitu tinggi dan menjadi incaran para pemburu untuk diperdagangkan secara ilegal. Hal inilah yang ikut berperan serta menjadikan tokek ini semakin terancam keberadaanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar