Senin, 17 Januari 2011

Ilmuwan Inggris Ciptakan Baju Besi Cair

baju-anti-peluru

Inilah salah satu penemuan terbaru dibidang militer oleh ilmuwan Inggris. Sebuah baju anti peluru yang disebut baju besi cair. Kementerian Pertahanan Inggris meyakini, jaket antipeluru yang dibuat dari materi rahasia itu lebih ringan, fleksibel dan melindungi tentara di medan perang. Selain itu, materi ini bisa mematahkan peluru.

Pakaian tersebut dinamakan baju besi cair karena dapat disesuaikan dengan tubuh. Teknologi ini, sebagaimana dikutip Daily Mail, dipamerkan di konferensi teknologi London, Inggris.

Ilmuwan merumuskan cairan penebalan antara lembar pakaian anti peluru tradisional dengan baju rahasia. Cairan tersebut memiliki molekul terkunci yang mampu menebal apabila panas dan teraduk.
Tentara saat ini mengalami kesulitan dengan pakaian antipeluru yang memiliki bahan kaku sehingga mengganggu pergerakan.

Teknologi ini dikembangkan oleh perusahaan keamanan dan pertahanan global BAE System di Filton, Bristol. Baju besi cair yang mereka ciptakan dapat tahan dari senapan AK47 yang biasa digunakan tentara Taliban.
“Ada banyak ketertarikan dari Kementerian Pertahanan Inggris sehingga kami berharap ini dapat digunakan di garis depan,” ujar juru bicara BAE System Nick Haigh.

Ternyata kemajuan teknologi sudah sangat pesat, sampai baju anti peluru yang diciptakan saat ini bisa begitu fleksibel untuk disesuaikan dengan anatomi tubuh manusia namun tetap ampuh untuk menahan proyektil peluru yuang ditembakan oleh tentara lawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar