Rabu, 19 Januari 2011

Ikan Hiu Ternyata Hewan Yang Buta Warna

ikan-hiu-buta-warna
Predator yang paling ditakuti dan sering disebut sebagai sebagai pengusa lautan yaitu hiu ternyata adalah hewan yang buta warna. Ilmuwan Australia menggunakan teknik yang disebut micro-spektofotometri untuk melihat sel retina pada 17 spesies ikan hiu yang tertangkap di Queensland dan Australia Barat.

Ilmuwan hanya menemukan batang sel, jenis reseptor yang sangat sensitif pada cahaya dan memungkinkan penglihatan di malam hari. Sayangnya, ilmuwan tidak menemukan sel kerucut yang mampu merespon secara individual cahaya pada panjang gelombang tertentu.

Pada mata manusia, sel kerucut membantu kita membedakan warna. Sepuluh dari 17 spesies hiu, tak memiliki sel kerucut sedikit pun. Meski ditemukan di spesies lain, sel ini berjenis tunggal yang peka terhadap panjang gelombang sekitar 530 nanometer.

Visi monokromatis memang jarang ditemukan di spesies laut karena visi warna hanya dibutuhkan hewan yang bertahan hidup di habitat darat. Bagi hewan air, warna sering tersaring berdasarkan kedalaman laut. Selain itu, kelangsungan hidup terkait deteksi bentuk dalam kegelapan untuk mengetahui mangsa.

Studi yang diterbitkan di jurnal Jerman Naturwissenschaften ini membantu mencegah hiu menyerang manusia dan mengembangkan alat tangkap yang mampu mencegah hiu ikut tersaring dalam alat penangkap tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar