Senin, 17 Januari 2011

Beruang Kutub, Penguasa Daratan Kutub

beruang-kutub
Beruang kutub adalah hewan yang memiliki habitat didaerah kutub yang memiliki iklim dingin yang ekstrim, mereka dapat juga disebut sebagai penguasa daratan dikutub. Mereka adalah predator sekaligus perenang yang handal, mereka menggunakan cakar depan mereka yang besar untuk mendayung saat berenang. Sebagian dari beruang kutub bahkan ditemukan berenang ratusan mil dari daratan.

Beruang kutub dapat hidup pada daerah kutub karena memiliki bulu yang sangat tebal, bulu tersebut bahkan tumbuh sampai pada ujung cakar mereka sehingga dapat melindungi pijakan mereka dari permukaan es yang dingin. Bulu dari beruang kutub yang berwarna putih juga berfungsi sebagai alat untuk berkamuflase dengan lingkungannya.

Beruang kutub hampir tidak memiliki musuh alami dihabitatnya. Beruang betina biasanya membuat sarang dengan menggali permukaan es. Dia biasanya melahirkan dua anak pada musim dingin. Anak-anak beruang kutub akan tinggal bersama ibunya selama kurang lebih 28 bulan. Selama itu pula sang anak akan belajar dari sang induk bagaimana cara bertahan hidup dilingkungan yang sangat ekstrim tersebut.

Induk betina beruang kutub akan terlihat lebih agresif dan buas jika sedang mengasuh anak-anaknya bahkan terhadap sang pejantan, karena sebagian beruang kutub jantan dapat membunuh anaknya sendiri. Beruang kutub bukanlah tipe hewan yang mudah takut terhadap keberadaan manusia, namun demikian ada baiknya jika kita bertemu beruang kutub, kita tidak perlu terlalu dekat dengan hewan tersebut karena dapat membahayakan keselamatan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar