Senin, 17 Januari 2011

Singa Gunung, Hewan Karnivora Dari Amerika Barat Yang Terancam Punah

singa-gunung
Singa gunung merupakan salah satu hewan karnivora yang terancam kepunahan. Satwa liar yang sangat berharga ini merupakan harta yang tak ternilai dari daerah Amerika Barat. Kucing besar ini juga dikenal dengan banyak nama diantaranya puma, cougar dan deer tiger. Populasi dari singa gunung ini terus menurun karena berbagai ancaman akibat ulah manusia, habitatnya yang semakin menyempit karena adanya penggunaan lahan untuk pemukiman manusia semakin mempercepat kepunahan hewan karnivora tersebut.

Singa gunung ini pada umumnya memiliki wilayah kekuasaan yang luas untuk berburu mangsanya. Di wilayah Texas Barat singa gunung ini diketahui memiliki wilayah berburu seluas 1000 mil persegi. Tapi di wilayah lain seperti di Indaho dan California singa ini memiliki wilayah berburu yang relatif lebih sempit, yaitu hanya sekitar 25 mil persegi. Dimana setiap batas wilayah yang mereka kuasai selalu ditandai dengan urin, kotoran atau daun.

Singa gunung adalah binatang nokturnal atau hewan yang biasa aktif dan berburu dimalam hari. Mereka berburu dengan mengikuti mangsanya dan menunggu waktu yang tepat untuk menerkam dan menggingit mangsanya. Singa gunung ini biasanya menyimpan sebagian hasil buruanya untuk dijadikan santapan dikemudian hari.

Singa gunung ini merupakan hewan yang sangat pemalu dan sulit dijumpai di alam bebas. Namun jika suatu saat anda bertemu dengan hewan ini dialam liar sebaiknya anda tidak mendekati hewan tersebut, bersikaplah tenang dan biarkan hewan tersebut pergi dengan sendirinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar