Kamis, 20 Januari 2011

Organisme Tertua di Dunia Yang Ditemukan Oleh Ilmuwan Dalam Keadaan Hidup

organisme-tertua-didunia
Penemuan organisme yang di klaim sebagai organisme tertua yang masih hidup sampai sekarang sebenarnya ditemukan tanpa adanya kesengajaan oleh para ilmuwan. Pada awalnya para ilmuwan hanya ingin menggali kristal garam kuno yang ada di Death Valley. Namun secara tidak sengaja para ilmuwan menemukan organisme yang berusia 34 ribu tahun dalam keadaan hidup.

Garam kristal berkembang sangat cepat dan mampu memenjarakan apapun yang hidup di dekat mereka termasuk organisme yang ditemukan para ilmuwan tersebut. Batuan kristal garam ini mirip miniatur bola salju dengan organisme tersebut di dalamnya.

"Ini merupakan kejutan yang sangat besar bagi saya," ujar Brian Schubert yang menemukan bateri kuno itu. Schubert yang saat ini menjadi asisten peneliti di University of Hawaii mengatakan bahwa bakteri itu telah menyusut, mengecil dan melakukan hibernasi sepanjang hidupnya untuk bertahan di bumi.

“Mereka masih hidup tapi tidak menggunakan energi apapun untuk berenang. Mereka juga tidak berkembang biak,” kata Schubert. Bakteri ini tidak melakukan apapun kecuali mempertahankan diri.

“Organisme itu tersegel di dalam garam seperti kapsul waktu,” ujar Tim Lowenstein, profesor Departemen Geologi di Binghamton University yang juga turut menemukan makhluk hidup tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar