Senin, 17 Januari 2011

Kulit, Ternyata Lebih Berat Dari Organ Lain Di Tubuh Manusia

kulit-manusia
Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh manusia. Kebanyakan orang hanya membahas tentang organ-organ yang berada didalam tubuh seperti jantung, paru-paru, hati dan sebagainya. Tapi hanya sedikit sekali orang yang tau tentang fakta dari kulit manusia.

Kulit terdiri dari tiga lapisan. Yakni epidermis, dermis dan jaringan subkutan. Ketebalan kulit pun sangat bervariasi di seluruh tubuh. Misalnya, kulit halus sekitar mata hanya setebal beberapa lembar kertas dan lutut di kaki hanya setebal penghapus pensil.

Kulit memiki karakteristik berbeda di banyak daerah, tapi kulit merupakan satu organ dan tak semua kulit ‘berdaging’. Sebagai organ, kulit membungkus tubuh manusia, termasuk kuku dan rambut. Secara total, sekitar 16% total berat badan adalah kulit.

Kebanyakan kulit orang dewasa kulit seberat 10 kg atau lebih. Tentunya berat kulit bervariasi tergantung pemiliknya, semakin kurus seseorang, semakin ringan berat kulit. Jika rata-rata kulit dewasa dibentangkan, kulit mampu mencakup dua meter persegi.

Setelah kulit, organ tubuh manusia terberat adalah usus (3,75 kg), paru-paru (2,5 kg), hati (1,6 kg), otak (1,5 kg) dan jantung (0,3 kg). Mungkin selama ini kita menganggap bahwa kulit kita sangat ringan karena bentuknya yang terlihat tipis, tapi tanpa kita sadari kulit manusia merupakan organ yang paling berat yang ada dalam tubuh manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar