Jumat, 16 Desember 2016

Tahukah Anda Mengapa Kita Menangis Saat Makan Pedas



Bagi orang yang menyukai masakan dan makanan pedas, yang namanya cabe seolah-olah menjadi sebuah keharusan keberadaanya dalam sebuah masakan. Tapi bagi sebagian orang yang kurang menyukai akan makanan yang pedas keberadaan cabe cenderung dihindari. Tapi tahukah anda mengapa jika kita makan makanan yang terlalu pedas mata kita akan berair?

Pada cabai terdapat sebuah zat dengan konsentrasi tinggi yang dapat menyebabkan rasa pedas yang membakar, zat tersebut bernama capsaicin. Capsaicin sebenarnya merupakan senjata pertahanan cabai dari serangan musuh, semisal agar tidak dimakan oleh hewan. Ternyata saat kita memakan cabai atau makanan pedas capsaicin yang terkandung didalamnya akan merangsang sekresi lendir.

Dengan terangsangnya sekresi lendir karena kandungan zat dalam cabai maka akan membantu melancarkan hidung yang tersumbat, sesak pada paru-paru dan tentu saja memberikan efek seolah-olah mata jadi menangis. Iritasi pada selaput lendir yang ada dimata atau mucous membrane juga mempengaruhi mengapa kita menangis saat makan makanan pedas atau makan cabe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar