Selasa, 13 Desember 2016

Sejarah Pembuatan Kertas Oleh Tsai Lun Pria Dari China



Tahukah anda dengan sejarah penciptaan kertas? Jika anda belum tahu mungkin anda patut untuk meluangkan waktu sebentar untuk membaca info ini. Kita mungkin harus berterimakasih pada bangsa china mengenainsumbangsihnya dalam penemuan kertas. Bagaimana tidak saat ini kertas banyak sekali gunanya dalam dunia modern.

Meskipun pada awalnya teknik pembuatan kertas sangat dirahasiakan namun pada masa sekarang manfaat dari kertas mungkin sudah tak terhitung jumlahnya. Pada 101 Masehi bangsa china yang bernama Tsai Lun berhasil menciptakan kertas dengan bahan dasar dari bambu yang pada saat itu banyak terdapat dinegeri china.

Pada saat china kalah melawan pemerintahan Abbasiyah maka akhirnya jatuhlah rahasia pembuatan kertas tersebut ketangan orang arab. Setelah itu mulailah muncul industri pembuatan kertas diwilayah negara kaum muslim. Hingga akhirnya kertas terus menyebar ke berbagai belahan dunia termasuk eropa.

Meskipun kertas ditemukan oleh bangsa china yang bernama Tsai Lun namun seolah-olah nama tersebut tidak pernah terdengar ditelinga kita. Catatan sejarah tentang penemuan kertas oleh bangsa china ini terekam dalam penulisan sejarah secara resmi pada dinasti Han. Nama Tsai Lun memang sudah tidak asing lagi bangsa china. Meskipun demikian catatan mengenai riwayat sipenemu kertas ini masih relatif minim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar