Jumat, 09 Desember 2016

Pria Asal Bali Ciptakan Tangan Robot Untuk Dirinya Sendiri



Pria bali yang bernama I Wayan Sumardana atau sutawan atau tawan ini pernah sakit dan mengalami kelumpuhan. Meskipun demikian pria yang tangan kirinya mengalami kelumpuhan tersebut tidak patah arang. Dengan keadaan yang demikian pria ini malah mampu menciptakan tangan robot untuk dirinya sendiri.

Pria lulusan STM ini berhasil menciptakan tangan robot ini dengan menggunakan bahan sisa semisal shock motor dan perangkat komputer bekas. Dengan berbekal ilmu yang dia miliki selama sekolah dahulu ditambah dengan pengetahuan yang dia gali dari internet pria asal bali ini berhasil menciptakan robot berjeni EEG tersebut.

Robot tangan ciptaanya tersebut baru berhasil setelah beberapa kali melakukan percobaan. Pria tersebut mengatakan bahwa untuk menggerakan tangan robot tersebut dia menggunakan sinyal otak. Pria tersebut mengatakan bahwa alat tersebut sangat membantu pekerjaan sehari-harinya.

Tak heran jika pria tersebut sering kali mengeluh bahwa sinyal otaknya kadang harus terkuras untuk menggerakan tangn robot tersebut. Jika sinyal otaknya melemah dia akan kehilangan fokus dan mulai mengalamimkesulitan memerintah tangan robot tersebut.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai tukang las ini dibantu oleh istrinya untuk melayani pelanggan dibengkelnya dan kadang juga menerima panggilan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar