Sabtu, 17 Desember 2016

Ikan Tomcod, Spesies Yang Tahan Lingkungan Beracun


Ikan tomcod adalah ikan yang mampu bertahan pada lingkungan yang dipenuhi limbah beracun. Hal tersebut diketahui oleh para peneliti yang menemukan spesies ikan tomcod yang telah berevolusi dalam menghadapi habitatnya yang telah dicemari dengan limbah beracun. Ikan tomcod sendiri memang masih keluargadengan ikan cod pada umumnya, hanya ukuranya saja yang terlihat sedikit lebih kecil.

Perusahaan General Electrik diketahui sejak tahun 1947 sampai tahun 1976 telah mencemari sungai dengan menghanyutkan PCB dan dioksin ke sungai Hudson. Baru pada tahun 1980 ditemukan bahwa sekitar 95% ikan yang ada disungai tersebut terkena tumor hati. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan majalah science pada tanggal 19 Februari 2011 ternyata semakin diteliti semakin banyak ikan yangtahan terhadap limbah racun PCB maupun dioksin.

Berdasarkan penelitian lebih lanjut akhirnya para peneliti bisa menyimpulkan bahwa libah beracun tersebut telah memasuki inti sel ikan sehingga mengganggu DNA ikan-ikan tersebut. Namun secara kebetulan ikan tomcod memiliki resistensi atau ketahanan terhadap limbah beracun tersebut. Secara teknis ikan tomcod bukanlah mutan, mereka hanya memiliki ketahanan yang lebih baik bila dibandingkan dengan ikan lain.

Namun jika ada ikan atau makhluk lain yang memangsa ikan tomcod tersebut maka mereka akan menyerap limbah racun yang terdapat dalam sel ikan tersebut. Hal ini akan berbahaya karena belum tentu makhluk tersebut mampu mentoleransi racun yang terdapat pada ikan tomcod tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar