Minggu, 06 September 2009

Manfaat Air Kelapa Atasi Eksim Dan Jerawat

Tips kesehatan ini mungkin akan dapat sedikit berguna dan membantu anda. Air kelapa dikenal sebagai minuman pelepas dahaga yang menyegarkan. Disamping itu, air kelapa juga kaya manfaat dan dapat menyehatkan tubuh berkat nutrisi yang terkandung didalamnya. Jika diolah dengan benar, air kelapa juga dapat mengobati berbagai penyakit kulit seperti eksim, luka bakar, jerawat, mencegah kerutan wajah hingga mengatasi penyakit cacingan pada anak.

Air kelapa mengandung berbagai unsur makro dan mikro. Unsur makro yang terdapat pada air kelapa adalah karbon dan nitrogen. Unsur karbon dalam air kelapa berupa karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lain-lain. Unsur nitrogen berupa protein, tersusun dari asam amino, seperti alin, arginin, alanin, sistin, dan serin. Sebagai gambaran, kadar asam amino air kelapa lebih tinggi ketimbang asam amino dalam susu sapi.

Selain karbohidrat dan protein, air kelapa juga mengandung unsur mikro berupa mineral yang dibutuhkan tubuh. Mineral tersebut di antaranya Kalium (K), natirum (Na), kalsium (Ca), magnesium (Mg), ferum (Fe), cuprum (Cu), fosfor (P), dan sulfur (S).


Jika diteliti lagi, dalam air kelapa juga terdapat berbagai vitamin. Sebut saja vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, asam folat, biotin, riboflavin, dan sebagainya. Kesimpulannya, air kelapa mengandung unsur makro dan mikro yang cukup lengkap.

Berkat kandungan nutrisi yang tinggi, beberapa penyakit yang berkaitan dengan kulit seperti eksim, luka bakar dan mencegah kerutan sebagai perawatan kecantikan bisa dibantu dengan air kelapa.

Untuk mengatasi gatal dan eksim, sediakan satu genggam beras. Rendam dalam air kelapa muda yang masih berada dalam tempurung selama 5-7 jam hingga beras terasa asam. Setelah itu giling hingga menjadi bubur halus (tepung). Kemudian oleskan bahan tersebut pada bagian tubuh yang terkena gatal, eksim, luka, atau telapak kaki pecah. Lakukan setiap hari selama 3-4 hari.

Kemudian untuk mengobati luka bakar, sediakan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih. Campur dengan air kelapa. Oleskan pada bagian yang terkena luka bakar. Rasa panas pun akan cepat hilang.

Air kelapa juga dapat digunakan sebagai ramuan untuk menghilangkan jerawat, menghilangkan kerutan dan mencegah uban. Untuk menghilangkan jerawat air kelapa dicampur dengan parutan kunyit. Rendam selama 3 malam. Kemudian campurkan tiga sendok teh bubuk cendana merah ke dalam rendaman kunyit. Aduk hingga merata dan rendam lagi selama tiga hari. Setelah itu saring hingga mendapatkan airnya. Gunakan air hasil perasan untuk obat oles jerawat.

Selain dapat menghilangkan jerawat, air kelapa juga dapat menghilangkan kerutan pada wajah. Caranya dengan sering membasuh wajah menggunakan air kelapa.

Selain itu, air kelapa juga dapat mengobati penyakit cacingan pada anak. Berikan air kelapa muda yang diberi sedikit sari jeruk sitrun kepada anak yang mengalami gangguan cacingan.
Silahkan mencoba tips sehat ini dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar