Kamis, 03 September 2009

Berbagai Makanan yang Bisa Membuat Tidur Kita Nyenyak dan Pulas

Apakah anda salah satu dari orng yang punya gangguan sulit tidur. Jangan cemas, Michael Jackson dan berjuta orang di dunia mengalami kesulitan tidur. Bahkan ada yang bertahun-tahun. Dengan makan pisang plus oatmeal saja ternyata bisa tidur nyenyak. Bagaimana mungkin?

Tidak ada yang lebih penting saat mengetahui betapa sulitnya jatuh terlelap di malam hari. Saat tekanan datang bertubi-tubi baik di kantor maupun keadaan di rumah kadang membuat kita sulit sekali memejamkan mata sehingga kualitas tidur pun terganggu.

Berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh tim pakar nutrisi 'eat this not that' di Amerika menunjukkan bahwa, ada setidaknya delapan jenis makanan yang dapat membantu Anda yang mengalami kesulitan untuk tidur. Berikut jenis makanannya:

1. Non Fat Popcorn
CObalah mengkonsumsi pop corn atau berondong jagung satu setengah jam sebelum tidur. Karbohidrat ini akan merangsang tubuh And auntuk memproduksi hormon serotonin, senywa kimia yang mampu membuat syaraf Anda lebih rileks. Tapi jangan sekali-kali menggunakan mentega dalam membuatnya, karena lemak yang terkandung dalam mentega dapat memperlambat proses pencernaa sehingga menimbulkan penimbunan lemak.

2. Oatmeal
Tidur yang cukup merangsang tubuh untuk menghasilkan hormon melatonin, tapi stress dan juga aktivitas yang berlebihan dapat mengganggu tubuh mengeluarkan hormon tersebut. Buat otak dan tubuh Anda kembali rileks dengan memakan oatmeal instant yang diberi topping potongan pisang yang mengandung melatonin tinggi.

3. Seporsi Plain Yoghurt dan Kacang-kacangan
Banyak ilmuwan di Slovakia menyarankan setidaknya untuk mengkonsumsi dua jenis asam amino (lysine dan arginine) or placebo, dan menyruh mereka untuk melakukan sedikit pidato. Pengukuran tekanan darah karena stress menunjukkan bahwa asam amino membentengi mereka dengan rasa cemas selama dan setelah berbicara di depan umum. Yoghurt adalah satu sumber lysine terbaik, sedangkan kacang-kacangan mengandung arginie yang tinggi. Gabungan keduanya mengindikasikan timbulanya protein yang cukup besar. Dengan mengkonsumsi gabungan keduanya sebelum tidur, atau saat siang hari, atau saat stress menghadapi presentasi di kantor dapat mengurangi perasan tertekan dan stress yangberlebihan. Kalau dimakan sebelum tidur dapat membantu Anda lebih rileks sehingga tidur Anda pun berkualitas.

4. Biji Wijen
Biji wijen adalah salah satu sumber tryptophan alami terbaik, asam amino yang dihasilkan bertanggung jawab pada semua jenis makanan yang berbahan dasar ayam kalkun sehingga membantu Anda tidur lebih nyenyak.

5. Pretzel
Pretzel adalah salah satu makanan rendah kalori, rendah lemak namun menjadi sumber karbohidrat. Dan jika Anda mengkonsumsinya dapat menimbulkan perasaan kantuk, tapi jangan terlalu banyak karena dapat menimbulkan ghangguan pencernaan.

6. Wine
Menyesap sedikit wine sebelum tidur ternyata dapat merilekskan tubuh dan melancarkan peredaran darah. Dengan memnimum sebanyak-banyak nya dua gelas wine efek rileks punlangsung Anda dapatkan. Lancarnya peredaran darah mengurabngi resiko tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan pastinya membuat Anda beristirahat lebih rileks.

7. Segelas Jus Cherry
Jus cherry mengandung banyak serotonin dan juga karbohidrat yang dapat membuat Anda merasa rileks. Coba saja meminum segelas jus cherry tanpa pemanis satu jam sebelum tidur. Rasa mansi alami dari cherry memberikan sedikitletupan energi tapi tidak akan membuat Anda terjaga semalaman atau mengganggu tekanan gula darah Anda.

8. Paprika Merah
Para peneliti di University of Alabama mencoba memberikan setidaknya 200 mg vitamin C sehari dan menemukan fakta ternyata vitamin C dapat menyembunyikan curtisol, hormon yang dihasilkan tubuh saat tubuh mengalami tekanan atau tingkat stres yang tinggi. Kalosi untuk kalori, paprika merah memberikan suplai vitamin C yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis buah atau sayuran lainnya.

silahkan coba dan buktikan sendiri kebenaran dari tips diatas, semoga tidur anda nyenyak malam ini.

1 komentar:

  1. Info Freechip dengan Agen Casino Wars Blagoveschensk Region Capital Rusia Situs www.pokerusia.pw Melalui BPD Maluku dengan Kode Bank 131.

    BalasHapus