Minggu, 09 November 2014

Beberapa Dampak Buruk Laptop Bagi Kesehatan Kita


bintangkarang.blogspot.com

Kemajuan teknologi selalu mengiringi perkembangan jaman yang dilalui oleh umat manusia. Salah satu hasil dari perkembangan teknologi adalah terciptanya laptop. Selain memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia ternyata penggunaan laptop juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita. Inilah beberapa akibat buruk yang ditibulkan oleh penggunaan laptop bagi kesehatan:

1. Gangguan Kesuburan
penggunaan laptop yang terlalu lama dengan cara dipangku akan memberikan dampak buruk pada kesehatan penggunanya, terutama pada kesuburan sipengguna. Panas yang keluar dari laptop akan mengganggu kualitas dan kuantitas produksi dari sperma, hal tersebut biasanya disebut juga infertilitas.

2. Sakit Pada Punggung
Punggung pengguna laptop akan sering kali merasa sakit akibat dari cara duduk yang salah atau karena terlalu lamanya mereka berada didepan laptop. Badan yang terlalu membungkuk atau mengetik dengan posisi sambil tidur tengkurap adalah sikap yang salah dari penggunaan laptop. Maka tidak perlu heran jika para pengguna laptop seringkali mengeluh karena mengalami gangguan kesehatan pada punggungnya.

3. Gangguan Penglihatan Pada Mata
para pengguna laptop seringkali mengalami gangguan kesehatan berupa menurunya kualitas penglihatan yang mereka miliki. Hal tersebut biasanya disebabkan karena para pengguna laptop seringkali lupa dengan dampak buruk laptop bagi kesehatan mata. Mereka yang sedang asyik didepan laptop pada umumnya menjadi jarang berkedip sehingga mata menjadi terlalu lelah. Hal tersebut jika dilakukan terus-menerus akan berakibat buruk bagi kesehatan mata kita.

4. Nyeri Pada Leher
kurangnya gerak para pengguna laptop terutama pada leher akan memicu dampak buruk bagi kesehatan leher si pengguna. Leher yang jarang digerakan akan menjadi kaku karena tegangnya otot-otot yang dipakai untuk berkonsentrasi pada saat menggunakan laptop. Nyeri pada leher ini biasanya terjadi bersamaan dengan sakit punggung.

5. Jari Tangan Sering Bergetar
Mengetik selama berjam-jam didepan laptop akan mengakibatkan otot-otot pada jari kita menjadi tegang dan kaku. Jari kita yang terlalu tegang dan lelah akan menjadi sering gemetar dengan sendirinya, karena itu maka sebaiknya kita mulai membatasi penggunaan laptop agar otot jari tidak kaku.

Itulah beberapa dampak buruk yang bisa terjadi akibat penggunaan laptop yang kurang baik. Kita harus lebih hati-hati dan bijaksana dalam mengguanakn laptop agar kesehatan kita tetap terjaga dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar