Rabu, 26 September 2012

Bangun Tidur Terlalu Siang Bisa Sebabkan Pikun

bintangkarang.blogspot.com
Pikun merupakan sebuah masalah yang sering terjadi pada seseorang yang telah mengalami usia lanjut atau penuaan. Namun gejala dari pikun bias saja terjadi pada saat seseorang berada pada usia yang masih produktif. Pikun akan terjadi bilamana fungsi otak pada manusia telah mengalami degradasi.

Sebuah penelitian yang diadakan oleh California Pasific Medical Center Research Institute ternayat menunujukan bahwa salah satu dari penyebab terjadinya pikun adalah seringnya seseorang bangun terlalu siang. Hal tersebut sangat berpengaruh terutama pada orang yang memiliki jenis kelamin perempuan.

Resiko pikun tersebut sangat berhubungan dengan jam biologis manusia. Jam biologis yang ada pada manusia mengatur pola dari tidur serta siklus aktifitas seseorang dalam kegaiatan sehari-hari. Oarng yang jam biologisnya kuat akan memiliki kencenderungan untuk bangun pagi setiap hari dan memulai segala aktifitasnya lebih dini bila dibandingkan dengan orang yang memiliki jam biologis lebih lemah.

Para peneliti telah mengamati sebanyak 1.300 perempuan yang memiliki usia diatas 75 tahun namun tetap memiliki kesehatan yang baik selam kurang lebih 5 tahun. Dari hasil pengamatan tersebut disimpulkan bahwa 15 persen dari subjek mengalami pikun 24 persen mengalami pikun ringan. Ketika hal tersebut dibandingkan dengan hasil wawancara para ahli dengan subjek yang diteliti diketahui bahwa mereka yang bangun paling siang memiliki resiko sebesar 80 persen untuk terserang pikun ringan. Meskipun dugaan tersebut masih belum sepenuhnya terbukti namun kebiasaan bangun terlalu siang diyakini memiliki resiko yang tinggi terhadap terjadinya kepikunan

2 komentar:

  1. mksdnya tdur mlam smpe siang gthu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bangun tidurnya jangan terlalu siang, usahakan pagi2 sdh bangun, sekalian olahraga biar badan lebih fit

      Hapus