Kamis, 06 September 2012

Burung Jay, Alarm Alami Pendeteksi Kematian

bintangkarang.blogspot.com
Burung Jay ternyata merupakan jenis burung yang unik. Setelah diteliti burung ini ternyata diketahui memiliki kemampuan yang unik untuk mengetahui kematian dari spesies hewan yang lain. Burung Jay merupakan burung yang dikenal karena sifat sosial dan kepintaranya. Burung Jay juga dikenal sebagai burung yang setia kepada pasangan hidupnya, karena burung ini hanya akan memiliki satu pasangan seumur hidupnya.

Hasil dari penelitian yang diperoleh oleh para ilmuwan tersebut dimuat dalam Animal Behavior. Ketika burung Jay menemukan spesies lain dalam keadaan mati maka burung Jaya tersebut akan menggerak-gerakan anggota tubuhnya sambil berteriak-teriak. Selain itu burung Jay juga diketahui dapat mendeteksi umur dari spesien hewan lain yang sudah tidak panjang lagi.

Burung Jay tersebut memiliki suara yang berbeda antara satu dengan lainya, karena burung inji cenderung mengikuti suara burung elang. Burung ini juga termasuk spesies yang pandai dalam membedakan benda yang bernyawa dengan benda mati. Hal tersebut disimpulkan setelah para peneliti meletakan seekor burung Jay yang telah mati diantara tumpukan boneka yang terbuat dari kayu dengan dengan berbagai macam warna termasuk boneka yang berbentuk burung hantu.

Kemudian para peneliti meletakana pula seekor burung Jay yang masih hidup diantara tumpukan benda-benda mati tersebut. Sesaat kemudian setelah burung jaya yang hidup tersebut diletakan, maka dia segera mengais-ngais tumpukan benda-benda mati tersebut hingga menemukan bangkai burung jay yang telah mati. Begitu menemukan bangkai tersebut burung Jay yang masih hidup langsung berkicau. Jiak berada di alam bebas maka burung ini sering juga ditemui sedang menemani hewan lain yang telah hampir mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar