Sabtu, 08 September 2012

Tarsius, Hewan Khas Indonesia Yang Terancam Punah

bintangkarang.blogspot.com
Hewan lucu yang satu ini bernama Tarsius. Dia terlihat lucu karena bentuknya yang mungil dan imut dengan bola mata yang besar. Tarsius tergolong dalam ordo primata dengan ukuran tubuh yang hanya berkisar antara 10-15 cm. hewan ini mendapat nama tarsius karena tulang dari kaki belakang ( tarsus) memiliki ukuran panjang hingga dua kali dari ukuran tubuh hewan ini.

Hewan ini memiliki bulu yang berwarna coklat atau abu-abu dengan ekor yang panjang menyerupai ekor dari tikus. Hewan ini termasuk hewan nocturnal atau hewan yang aktif pada malam hari. Karena itu tidak heran jika tarsius memiliki penglihatan yang lebih tajam bila dibandingkan dengan hewan lain yang aktif pada siang hari.

Tarsius biasanya berburu kadal, serangga, burung, kelelawar maupun ular kecil sebagai mangsanya. Tarsius dapat memanjat dengan cekatan dan dapat pula melompat antar pepohonan untuk berburu dikarenakan badanya yang kecil dan ramping. Hewan ini merupakan hewan yang habitat hidupnya berada di hutan liar dengan kisaran jangkauan satu hektar pada setiap pasangnya. Tarsius tidak suka bila berada pada kurungan, sehingga sulit berkembang bahkan sering menyebabkan kematian karena merasa stress.

Sebaran dari hewan ini adalah hutan-hutan yang ada diwilayah Filipina bagian barat dan daerah Sulawesi. Meskipun jenis yang terbanyak terdapat dihutan Sulawesi namun keberadaan hewan ini semakin terancam oleh kepunahan akibat kerusakan hutan yang terjadi. Tarsius jenis Siau merupakan tarsius yang paling terancam keberadaanya pada tahun 2008.

1 komentar:

  1. Tarsius emang super unik. Btw, omong-omong soal tarsius, di belitung agak sedikit beda loh guys.
    Tarsius Bancanus Saltator - The Ancient Primate from Belitung

    BalasHapus