Sabtu, 01 September 2012

Triasacarus Fedelei dan Ampezzoa Triassica, Serangga Tertua Yang di Temukan Terbungkus Getah Karet

Serangga yang diperkirakan sebagai serangga paling tua telah berhasil ditemukan oleh ilmuwan didaerah pegunungan Alpen Dolomite, bagian timur laut Italia. Serangga arthopoda yang ditemukan tersebut terbungkus dalam getah karet dan diperkirakan memiliki usia sekitar 100 tahun lebih tua dari serangga yang pernah berhasil ditemukan sebelumnya.

Serangga tersebut ditemukan oleh ilmuwan bernama Guido Roghi dan Eugenio Ragazzi Guido Roghi dari Univeritas Pandova, Italia. Jenis serangga yang ditemukan tersebut yaitu jenis Ampezzoa Triassica dan Triasacarus Fedelei. Kedua serangga tersebut terlihat seperti kutu dengan tubuh yang beruas, memiliki cakar dan ditumbuhi bulu-bulu halus. Kedua jenis serangga tersebut merupakan hewan yang habitat hidupnya ada pada tanaman. Triascarus dan Ampezzoa diperkirakan hidup pada masa Triassic yaitu sekitar 251 sampai 199 juta tahun silam.

Hasil temuan tersebut telah diterbitkan dalam sebuah jurnal ilmiah Amerika yang telah ada mulai tahun 1914 yaitu Proceeding National Academy of Sciences. Getah dari karet merupakan sebuah alat alamiah yangmemiliki peranan penting dalam bidang paleontologi. Getah karet mampu mengawetkan berbagai jenis organisme yang berupa hewan maupun tumbuhan selama ribuan bahkan jutaan tahun lamanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar