Sabtu, 27 September 2014

Para Peneliti Gunakan Racun Lebah Untuk Deteksi Bahan Peledak

http://bintangkarang.blogspot.com/

Lebah adalah salah satu hewan kecil yang unik yang sering kali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Selain unik hewan yang satu ini punya banyak manfaat diantaranya menghasilkan madu yang sangat baik bagi kesehatan bila dikonsumsi secara teratur. Tapi mungkin ada fakta lain yang belum kita ketahui bahwa lebah juga mampu mendeteksi bahan peledak atau bom.

Lebah menggunakan racun yang ada pada dirinya untuk mendeteksi adanya bom. Hal tersebut diungkapkan para peneliti dari MIT atau Massachusetts Institute of Technology. Para peneliti tersebut mendapati adanya sebuah fragmen protein yang terkandung dalam racun seekor lebah. Fragmen yang bernama bombitin tersebut dikatakan dapat mendeteksi keberadaan dari adanya bahan peledak semisal TNT.

Para peneliti melakukan percobaan dengan melapiskan bombitin pada bagian dalam sebuah tabung yang terbuat dari karbon. Tabung tersebut kemudian diletakan pada sampel udara yang diambil dari sekitar bahan peledak. Para peneliti menemukan adanya perubahan dari panjang gelombang pendaran tabung yang berubah ketika terjadi persenyawaan antara nitroaromatik dengan protein yang terdapat dalam racun lebah.

Perubahan yang terjadi memang tidak tampak oleh mata, namun perubahan tersebut dapat terdeteksi dengan menggunakan sebuah mikroskop khusus. Para peneliti yang berasal dari MIT tersebut ternyata juga mampu membedakan jenis-jenis bahan peledak yang ada dengan bantuan dari racun lebah tersebut. Ketika hal tersebut dipadankan dengan sensor bahan peledak yang digunakan dibandara  ternyata bombitin mampu meningkatkan sensitifitas sensor tersebut sehingga lebih efektif.

Teknologi mendeteksi bahan peledak dengan menggunakan racun lebah ini sekarang sedang dalam proses untuk dipatenkan. Pihak militer maupun beberapa perusahaan kelihatanya mulai tertarik denagn penemuan yang telah dilakukan oleh para peneliti dari MIT mengenai mendeteksi bahan peledak atau bom dengan racun lebah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar