Rabu, 12 Maret 2014

Macam Ragam Khasiat Dan Kegunaan Serta Manfaat Tanaman Angsana Bagi Kesehatan

bintangkarang.blogspot.com
Tanaman Angsana adalah salah stu tanaman herbal yang kaya akan manfaat bagi pengobatan serta kesehatan manusia. Tanaman ini mampu tumbuh tinggi hingga mencapai 40 meter. Kulit kayu dari tanaman angsana akan mengeluarkan getah yang berwarna bening kemerahan apabila dibelah. Sebagian orang mungkin masih terasa asing apabila mendengar nama tanaman Angasana.

 

Namun tanaman yang satu ini memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan, kulit maupun daun dari tanaman angsana ini bisa digunakan untuk mengobati beragam penyakit. Semisal untuk mengobati batu ginjal maka kulit dari kayu angsana sebanyak 3 gram bisa dipadukan dengan daun kejibeling sebanyak 2 gram ditambah daun kumis kucing sebanyak 4 gram kemudian direbus dengan air sebanyak 115 ml. 

Cara penggunaan ramuan kulit tanaman angsana tersebut adalah dengan di infuskan atau diminum layaknya kita minum teh, dengan aturan minum sehari sekali sebanyak 100 ml.
Ramuan tersebut terus diminum secara rutin setiap hai sampai batu yangada di dalam ginjal telah keluar melalui urine. Tanda keluarnya batu ginjal adalah berwarna keruhnya urine kita atau berbuih, atau terkadang batu ginjal tersebut keluar dalam bentuk Kristal-kristal kecil.

Selain untuk mengobati batu ginjal tanaman angsana juga bermanfaat untukmenyembuhkan sariawan. Untuk mengobati sariawan maka kita membutuhkan kulit kayu angsana sebanyak 4 gram ditambah dengan daun saga segar sebanyak 4 gram serta tiga helai daun sirih dan air sebanyak 115 ml. cara pembuatanya adalah dengan diseduh kemudian digunakan untuk berkumur. Lakukan hal tersebut tiap 3 jam, dengan dosis pemakaian sebanyak 50 ml setiap kali berkumur.

Selain kulitnya yang bermanfaat daun dan getah dari tanaman angsana ini juga bisa digunakan sebagai obat bagi bisul maupun luka bakar. Bagi anda yang terkena bisul maka tempelkan daun angsana yang telah diremas-emas terlebih dahulu. Jangan lupa untuk membersihkan bisul tersebut dengan air atau alkohol sebelum menempelkan remasan dari daun angsana. Ganti remasan daun angsana tersebut setiap tiga jam sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar