Minggu, 09 Maret 2014

Goby Kerdil Spesies Ikan Jenis Baru Yang Ditemukan Di Timor Leste

bintangkarang.blogspot.com

Kelompok para peneliti saat ini sedang menyambut salah satu spesies ikan jenis baru. Spesies jenis ikan baru tersebut dinamakan Evoita santanai. Spesies ikan yang dianggap sebagai ikan goby kerdil tersebut ditemukan di Timor Leste. Ikan tersebut merupakan ikan spesies jenis baru yang pertama kali ditemukan di Timor Leste. Spesies ikan jenis baru tersebut ditemukan oleh sekelompok peneliti yang tergabung dalam Conservation International atau yang biasa disingkat CI.

Deskripsi dari jenis ikan yang baru ditemukan tersebut telah dipublikasikan pada jurnal Zootaxa, berdasarkan empat buah spesimen yang berhasil dikumpulkan oleh para peneliti CI di taman nasional Nino Konis Santana yang merupakan taman nasional pertama Negara tersebut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama bulan Agustus 2012 para peneliti menemukan jenis spesies ikan baru tersebut hidup pada perairan yang dangkal.  Para peneliti juga menemukan bahwa Timor Leste adalah Negara urutan ketiga yang memiliki kenakeragaman ikan terumbu karang.

Ketika membahas jenis ikan spesies terbaru tersebut, sebagaimana jenis ikan yang dikenal dari genusnya, ikan spesies baru tersebut juga memiliki gigi yang tumbuh sekitar dua atau tiga baris pada bagian rahang atasnya. Pada bagian rahang bawahnya juga tumbuh gigi taring. Spesies iakn goby yang baru tersebut dikatakan memiliki perbedaan dalam hal warna maupun system sensorik yang dimiliki jika dibandingkan dengan jenis ikan goby yang pernah ditemukan sebelumnya.

Para peneliti yang tergabung dalam CI berhasil menemukan sebanyak 741 spesies ikan termasuk goby kerdil tersebut, yang hidup pada terumbu karang yang terdapat pada pantai bagian utara Timor Leste yang menjadikan total keseluruhan spesies ikan yang dapat ditemukan pada Negara tersebut menjadi 967 jenis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar