Senin, 11 Oktober 2010

Perbedaan Istilah Antara Racun Dan Bisa

Kita pasti sudah sering mendengar yang namanya racun atau bisa. Banyak hewan yang kita tahu memiliki bisa tau racun yang dapat melumpuhkan bahkan mampu membunuh manusia. Tapi tahukah anda bahwa yang namanya bisa atau racun itu sebenarnya tidaklah sama, tapi kita sering menganggap kedua istilah tersebut adalah sama.

Bisa adalah racun yang dimiliki oleh hewan-hewan seperti ular, laba-laba, atau lebah yang menyuntikkannya kedalam tubuh hewan lain.

Sedangkan ular atau kalajengking menginjeksikan racun melalui gigitan atau ekor yang disebut berbisa. Sehingga dapat disimpulkan kalau bisa itu harus dialirkan atau disuntikkan melalui alat di tubuh hewan.


Racun (Poisonous) adalah suatu zat yang dapat mengiritasi atau mematikan. Racun juga dapat digunakan untuk membuat suatu yang berguna seperti untuk merelaksasi tubuh dengan cara lewat kulit atau jalan pernapasan.

Poison ivy, misalnya, dapat mengiritasi kulit, kodok beracun dapat membunuh pemangsa yang memangsanya. Tanaman dan hewan yang disebutkan ini disebut beracun.

Itulah perbedaan antara yang namanya bisa dengan racun, tapi penggunaan kedua istilah tersebut yang mungkin rancu tidak terlalu berpengaruh pada makna dan arti dari kalimat yang kita maksutkan dalam pengucapan kedua istilah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar