Kamis, 30 September 2010

Phobia Unik Yang Pernah Di Derita oleh Manusia


Mungkin diantara anda ada yang memiliki sebuah ketakutan terhadap sesuatu. Ketakutan tersebut begitu besar sehingga berada diluar batas normal dari ketakutan yang sewajaranya, ketakutan tersebut disebut sebagai phobia. phobia adalah rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu atau fenomena. Phobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang penderita kerap sulit untuk. Sebenarnya ada banyak sekali jenis phobia, seperti cenophobia takut akan ruangan yang kosong, felinophobia takut akan kucing, dan lygophobia ketakutan akan kegelapan. Namun, ada juga fobia yang terbilang cukup unik, berikut beberapa di antaranya:

1. Nomophobia: ketakutan kehilangan kontak pada ponsel
Memang harus diakui, kita pun tentu akan merasa panik bila data kontak pada ponsel kita menghilang. Ini merupakan fobia yang muncul di era modern. Menurut Daily Mail, nomophobia bisa menjangkiti 53 persen pengguna ponsel di Inggris. Penderita nopophobia biasanya akan segera merasa panik bila tak bisa menemukan sinyal, kehilangan ponsel, atau baterei ponsel habis.

2. Sesquipedalophobia: ketakutan akan kata panjang
Fobia jenis ini memang menyulitkan dan membingungkan penderitanya bila harus mengatakan kata yang terdiri dari banyak huruf. Mereka bahkan bisa saja tak mampu menyebutkan nama sendiri. Kata panjang akan akan seketika membuat mereka merasa cemas, panik, dan ketakutan.

3. Optophobia: ketakutan membuka mata
Saat bayi lahir, salah satu hal yang harus dilakukannya untuk pertama kali adalah membuka mata. Pada penderita optophobia, ketakutan membuka mata, terutama sat bangun pagi berlangsung hingga mereka dewasa. Fobia ini dapat membuat penderitanya merasa lemah.

4. Arachibutyrophobia: ketakutan selai kacang menempel di langit-langit mulut
Dalam beberapa tahun terakhir, alergi terhadap kacang memang mulai menjadi masalah serius pada anak-anak. Bahkan beberapa lokasi pun seperti di pesawat menyediakan area bebas kacang. Mungkin alergi itu menjadi awal munculnya fobia ini, yakni takut bila selai kacang yang mereka makan bersama atau tanpa roti akan menempel ke langit-langit mulut merek.

5. Deipnophobia: ketakutan akan pesta makan malam
Beberapa orang memang kerap mengalami kegugupan bila mesti menghadiri pesta makan malam, baik itu untuk acara kantor maupun keluarga besar. Saat gugup, kita tentu akan memikirkan beberapa hal seperti siapa saja yang akan datang, dengan siapa kita mesti berbicara, dan apa yang akan dibicarakan. Namun, bagi yang menderita deipnophobia, biasanya akan terpikirkan hal-hal menakutkan yang kurang rasional mengenai apa yang akan mereka hadapi saat pesta makan malam. Saat harus berhadapan dengan orang-orang, mereka biasanya akan merasa panik, ketakutan, jantung berdegup kencang, napas tersengal-sengal, cemas, dan gemetar. Maka itu, bila ada kerabat atau teman yang selalu mengaku tak bisa hadir di acara makan malam, mungkin phobia akan hal ini bisa jadi penyebabnya.

Apakah anda merupakan salah satu dari orang yang memiliki phobia? Jika iya, anda patut berhati-hati terhadap phobia anda tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar