Monday, September 6, 2010

Evolusi Kadal Australia, Berkembang Biak Dengan Melahirkan


Entah apa yang terjadi pada hewan jenis kadal ini. Ilmuwan menangkap fenomena evolusi langka di mana kadal Australia tidak lagi bertelur sebagaimana mestinya, melainkan melahirkan anak-anaknya.

Kadal sejenis Skink, mirip ular dengan empat kaki kecil, biasanya bertelur di sepanjang pantai New South Wales.

Namun, kadal kuning berkuku tiga yang hidup di daerah pegunungan dingin melahirkan keturunan seperti mamalia.

Hanya ada dua jenis reptil modern yang menggunakan kedua jenis metode reproduksi yakni Skink spesies lain dan kadal Eropa.

Seperlima jumlah ular dan kadal melahirkan untuk menghadirkan organisme baru. Sejarah menunjukkan hampir seratus jumlah garis keturunan reptil telah berubah dari bertelur menjadi melahirkan di masa lalu.

Salah satu penulis studi James Stewart, ahli biologi di East Tennessee State University, Amerika mengatakan bahwa penemuan itu merupakan kesempatan langka.

"Dengan mempelajari perbedaan antara populasi yang berbeda dalam tahapan proses ini, Anda bisa mulai mengumpulkan apa yang tampak seperti transisi dari satu gaya kelahiran ke proses yang berbeda,” kata James.

Stewart mengatakan transformasi dapat dikaitkan dengan bagaimana bayi mendapatkan makanan. Tidak hanya itu, ini bisa menjadi cara untuk melindungi reptil muda di iklim yang lebih keras. Bayi mamalia makan melalui plasenta yang menghubungkan janin ke dinding ovarium.

Penemuan Stewart dan rekan-rekannya ini untuk menyelidiki masalah gizi dalam struktur dan unsur kimia pada uterus kadal Australia.

“Sekarang kita dapat melihat bahwa rahim kadal dapat mengeluarkan kalsium yang dimasukkan ke embrio. Ini pada dasarnya merupakan tahap awal evolusi plasenta pada reptil.”

Meskipun begitu, menurut Stewart, perubahan proses kelahiran pada reptil merupakan hal yang biasa, mengingat dalam sejarah evolusi ini cukup umum dan relatif mudah. Mungkin hal tersebut masih terasa sangat janggal bagi kita, bagaimana mungkin se ekor kadal melahirkan dimana seharusnya binatang mamalia berkembang biak dengan melahirkan.

2 comments:

  1. hallo, salam kenal,^^
    dtunggu kunjungannya,,
    http://septianpurnama.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. lamz knl ya mbah...
    http://sibutiz.blogspot.com/

    ReplyDelete