Jumat, 31 Agustus 2012

Capung, Hewan Kecil Dengan Banyak Keunikan

bintangkarang.blogspot.com
Capung merupakan hewan yang sering kita lihat atau sering kita jumpai pada lingkungan sekitar rumah kita. Mungkin waktu kecil kita juga sering bermain untuk menangkap capung. Tapi tahukah anda bahwa hewan yang bernam capung ini merupakan sebuah hewan yang unik. Capung merupakan salah satu hewan yang mengalami metamorfosis meskipun bukan metamorfosis sempurna seperti halnya kupu-kupu. Tahukah anda dimana keunikan hewan yang bernama capung ini? Berikut adalah beberapa keunikan yang dimiliki oleh capung.

1.Capung duiperkirakan sudah mendiami bumi kurang lebih mulai 300 juta tahun yang lalu, karena itu capung termasuk serangga yang telah ada dan hidup sejak jaman purba. Bahkan pernah ditemukan fosil capung dengan ukuran lebar sayap yang mencapai besar sekitar 3 meter.

2.Hewan yang bernama capung ini termasuk dalam golongan Odonata yang tercatat memiliki lebih dari 5000 jenis spesies yang berbeda di penjuru dunia.

3.Capung meletakan telur-telur mereka diatas permukaan air, sehingga kita mungkin sering melihat hewan ini berada diatas permukaan air atau bahkan berkelahi dengan sesamanya diatas air karena mereka memperebutkan tempat yang paling baik untuk meletakan telur-telurnya.

4.Capung merupakan hewan karnivora sejak menetas menjadi larva. Saat dewasa capung merupakan predator alami dari nyamuk.

5.Masa hidup capung yang paling panjang adalah saat mereka masih menjadi larva, sedangkan capung yang telah bermetamorfosis dan dewasa hanya hidup beberapa minggu untuk kawin dan melanjutkan keturunan.

6.Capung merupakan serangga yang paling cepat ang ada dibumi, mereka bisa terbang dengan kecepatan 50 km/jam.

7.Capung memiliki mata yang unik yang terdiri dari ribuan lensa sehingga capung dapat melihat kesegala arah sehingga membuatnya sulit ditangkap meskipun dari belakang.

Itulah beberapa keunikan dari capung. Ternayata setiap makhluk meskipun terlihat kecil dan biasa dimata kita tapi memiliki keunikan yang tersembunyi yang mungkin belum kita ketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar