Jumat, 29 Juni 2012

Sepeda Lipat Dahon Dan Sejarah Singkat Pembuatanya

bintangkarang.blogspot.com
Saat ini sepeda lipat dahon merupakan sebuah sepeda yang sangat popular dikalangan remaja dan para penghobi sepeda. Dahon sendiri adalah sebuah perusahaan atau produsen sepeda lipat terbesar yang ada di dunia, dengan kepemilikan sekitar dua pertiga pangsa pasar pada tahun 2006. Perusahaan ini pada awal mulanya didirikan oleh David T. Hon, seorang fisikawan, pada tahun 1982 di kota Los Angeles, California, dengan pabrik perakitanyang ada di Cina, Makau, maupun Bulgaria.

Disamping memasarkan produk yang berupa sepeda lipat dengan memiliki brand sendiri, Dahon sekaligus juga memasarkan produk sepeda lipatnya dengan berbagai merek lain, termasuk Ridgeback, yang berafiliasi dengan Yeah Bicycle dan Novara untuk REI di U.S. Perusahaan Dahon merupakan produsen sepeda yang juga tergabung sebagai anggota dari Global Alliance for EcoMobility.

Pada awal didirikan perusahaan sepeda lipat dahon memiliki visi "mobilitas hijau", bentuk transportasi yang tidak hanyamemiliki berfungsi untuk menyehatkan para penggunanya, tetapi juga membantu melestarikan lingkungan untukkelanjutan generasi berikutnya.

Sebagai seorang innovator tanpa henti, Dr Hon bekerja keras di garasi yang ada dekat rumahnya selama kurang lebih sekitar tujuh tahun untuk membuat sempurnamenyempurnakan sepeda lipat yang akan menegakkan cita-cita ini (green mobility). Setelah menyajikan presentasi tentang penemuan untuk beberapa perusahaan, karya Dr Hon ini ternyata masih kurang diminati, sehingga pada akhirnya Dr Hon dan saudaranya Henry membuat keputusan untuk membangun perusahaan mereka sendiri.

Kedua bersaudara tersebut secara bersama-sama bahu membahu mendirikan usaha dan mendirikan markas pertama mereka di California Selatan, tepatnya pada tahun 1983, Sepeda Lipat Dahon mulai dirakit untuk pertama kalinya. Di bawah kepemimpinan Dr Hon, yang saat ini dikenal dan dianggap sebagai Bapak dari sepeda lipat modern, Dahon dan tim insinyurnya terus berkembang dan mengatur kecepatan dengan teknologi baru dan berbagai inovasi.

Pada saat ini produksi utama Sepeda Lipat Dahon telah dikerjakan di perusahaan utamanya yang ada di daerah Shenzhen, Cina. Dalam business plan-nya perusahaan Dahon merencanakan untuk membangun sebuah pabrik yang sama sekali baru di Cina Tengah dengan kemampuan kapasitas produksi awalnya sebanyak 700.000 unit sepeda pertahun. Fasilitas lain, terdapat dekat Beijing, sebuah pabrik Dahon yang telah disiapkan guna memproduksi Sepeda Dahon massal untuk memenuhi pasaran yang ada Cina.

Dimulai pada tahun 2012, semua merek sepeda lipat Dahon untuk pasaran yang ada di Eropa akan dibuat di Negara Bulgaria. Dalam hal ini perusahaan Dahon telah menjalin kemitraan strategis dengan pihak Maxcom Ltd. Semua sepeda lipat untuk pasar Eropa akan dibuat dengan sertifikat ISO 9001: 2008, yang mengkhususkan diri dalam pembuatan rancangan sepeda dan fitur state-of-the-art teknologi mesin dan peralatan inspeksi dengan kualitas dan standar yang modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar