Jumat, 29 Juni 2012

Lemak Susu Bantu Atasi Bau Mulut Akibat Konsumsi Bawang Putih

bintangkarang.blogspot.com
Bawang putih merupakan salah satu bahan bumbu masakan yang punya banyak manfaat. Namun ternyata bawang putih yang biasa kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari ternyata dapat menyebabkan bau mulut yang menyengat akibat adanya kandungan sulfur pada bawang yang cukup tinggi. Namun, ada cara mudah untuk menghilangkan bau mulut yang di akibatkan oleh  konsumsi bawang.

Sebaiknya setelah Anda mengkonsumsi makanan yang menggunakan bahan berbumbu bawang putih, minumlah segelas susu dikarenakan kandungan air dan lemak yang terdapat dalam susu efektif untuk mengurangi kadar sulfur sehingga mampu mengurangi bau mulut. Penelitian tentang hal tersebut telah dipublikasikan dalam Journal of Food Science.

Allyl methyl sulphide (AMS) adalah komponen dalam bawang putih yang tidak bisa dipecah di usus selama dalam proses pencernaan sehingga pada akhirnya akan dikeluarkan oleh tubuh  lewat napas atau keringat kita. Air putih dan beberapa jenis makanan lain, seperti daun kemangi sebenarnya cukup lumayan untuk dapat mengurangi aroma bawang putih. Namun segelas susu ternyata jauh lebih efektif dibandingkan dengan makanan tersebut. Dalam percobaan yang dilakukan para ahli juga terlihat jika kombinasi antara air susu dan bawang putih sebelum ditelan akan lebih cepat untuk menetralisir bau yang ada dimulut daripada jika kita minum susu setelah mengasup makanan yang memiliki kandungan bawang putih di dalamnya.

Selain itu, susu yang mengandung banyak lemak (full-fat milk) juga mampu memberikan hasil yang jauh lebih efektif mengusir bau bawang putih jika disbanding dengan susu rendah lemak, atau hanya meminum air putih saja. “Secara ilmiah terbukti dengan minum atau makan makanan yang banyak mengandung lemak, seperti susu mampu mengurangi aroma mulut dan napas tidak sedap,” kata Sheryl Barringer, sang peneliti. Jadi ada baiknya jika kita mencoba cara yang satu ini untuk mengurangi bau mulut sehabis mengkonsumsi bawang putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar